Wednesday, March 2, 2011

Revolusi

Ini hanya pikiranku…kemampuannya terbatas. Aku bukan ahli politik, bukan pula pengamat politik yang senantiasa update…
Ada banyak hal yang menjadi masalah di negeri ini. Dulu dan sekarang, orde lama-orde baru-orde reformasi-orde hari ini (apa sih namanya?), saat setiap logika menganalisis, maka ditemukan akar masalah terdapat pada system, regulasi, dan kawan-kawannya. Suatu negeri yang diperlakukan seperti organisasi kampus, sepertinya.  Yang aparat-aparatnya ingin sedikit berkontribusi untuk memperbaiki bangsa, dan selebihnya adalah kepentingan diri atau kelompok.
Muak, sebenarnya.  Ketika melihat diri berada di tempat sampah, yang kupikirkan adalah bagaimana membersihkannya. Orang bilang, saat seseorang terbiasa di tempat yang bersih, ketika melihat sesuatu yang kotor, gereget ingin segera menyingkirkannya. Tapi orang yang terbiasa di tempat kotor? Rasanya biasa saja. Naudzubillah…bahkan Dia sudah memperingatkan bahwa ada orang-orang yang hatinya dijadikan batu. Tidak merasakan apapun, tidak ingin bersih, tidak ingin benar. Yang dia inginkan adalah dirinya senang. Masya Allah, sadarkah? Coba lihat sekeliling, bahkan diri kita!
So, langkah pertama adalah, bersihkan pikiran dan hati. Langkah kedua adalah…lihat sekelilingmu. Jelas sudah, sampah, kekotoran, dimana-mana! Apa yang akan kau lakukan?

  26 Oktober 2010

No comments:

Post a Comment